Informasi Ilmu Pengetahuan Dunia Misterius Penambah Wawasan

Misteri Hutan Hoia Baciu Segitiga Bermuda Versi Darat

Misteri Hutan Hoia Baciu Segitiga Bermuda Versi Darat - Hoia Baciu adalah hutan yang terletak di sebeah barat kota Cluj-Napoca, Transylvania, Rumania, dekat area terbuka Ethnographic Museum of Transylvania. Sebenarnya fungsi hutan seluas tiga kilometer persegi ini tak lain adalah sebagai tujuan wisata. Belakangan ini, beberapa fasilitas seperti taman bersepeda, arena olahraga seperti paintball, airsoft, dan panahan dibangun di area hutan.


Misteri Hutan Hoia Baciu Segitiga Bermuda Versi Darat

Bagi penduduk setempat, Hoia Baciu adalah versi darat dari Segitiga Bermuda. Hal ini tercetus ketika seseorang gembala menghilang di area ini bersama du ratus ekor dombanya. Sebagian besar orang yang tinggal di sekitar hutan, tidak berani mendekati hutan yang diapit dua sungai, Somesul Mic dan Nadas ini. Mereka percaya, siapapun yang memasuki hutan Hoia Baciu tidak akan pernah kembali. Banyak orang yang memasuki hutan mengeluhkan tanda-tanda fisik seperti ruam, pusing, mual, migren, panas, luka, cemas, gelisah, dan gejala tak biasa lainnya.

Hoia Baciu juga terkenal akan aktivitas supranatural, seperti penampakan cahaya misterius, suara wanita, suara tawa, penampakan sosok, dan suara orang terluka. Beberapa kesaksian juga menyebutkan, saat mereka berada dalam hutan, mereka merasa seperti sedang diawasi. Tumbuhan lokal yang ada tergolong aneh dan beberapa diantaranya hangus tanpa penjelasan.

Misteri Hutan Hoia Baciu Segitiga Bermuda Versi Darat

Legenda lain adalah adanya roh seorang petani yang dibunuh di hutan ini. Arwahnya gentayangan di Hoia Baciu dan terkadang kemunculannya disaksikan penjelajah. Beberapa orang mengaku melihat sepasang mata hijau dan kabut hitam melintas diantara pepohonan. Ada pula yang berpendapat Hoia Baciu adalah gerbang menuju dimensi lain. Sebagian lain mengalami lompatan waktu, seperti seorang anak perempuan berusia lima tahun yang  berjalan-jalan di hutan dan kemudian menghilang. Lima tahun kemudian, gadis itu muncul kembali masih mengenakan pakaian yang sama dengan saat ia menghilang, namun ia tidak ingat apa yang terjadi selama lima tahun itu.

Terdapat area kosong di dalam hutan, berbentuk lingkaran sempurna tanpa ditumbuhi apapun. Sampel tanah diambil dari area tersebut untuk dianalisis dan hasilnya adalah tanah tersebut tidak mengandung apapun yang bisa mempertahankan tumbuhan tetap hidup. Penduduk setempat yakin area itu adalah pusat kegiatan supranatural. Ada yang mengatakan lahan kosong itu adalah tempat bersemayamnya para makhluk halus. Kisah misterius Hoia Baciu ini semakin lengkap dengan adanya legenda “Dracula” khas Transylvania.

Misteri Hutan Hoia Baciu Segitiga Bermuda Versi Darat
 
Seain kisah misteri, Hoia Baciu juga menjadi pemukiman kuno masa neolitikum, tepatnya di utara Valea Lunga. Pemukiman ang diperkirakan dibangun pada 6500 SM tersebut diduga milik budaya Starcevo-Koros-Cris. Kompleks pemakaman dan rumah juga ditemukan antara tahun 1060 dan 1994.
Beredarna kisah misteri berbau mistis menjadikan ilmuwan tertarik menyelidiki Hoia Baciu untuk mendapatkan penjelasan masuk akal atas rangkaian fenomena, antara lain fenomena cahaya dan medan magnet yang menjadi perhatian seorang profesor biologi, Alexandu Sift, pada tahun 1990.

Hasil penelitian Sift-berupa foto-foto saat fenomena terjadi-hilang beberapa hari setelah sang profesor meninggal pada tahun 1993. Kemungkinan besar foto-foto itu dicuri dan dimusnahkan. Beberapa yang tersisa dipublikasikan dalam buku Fenomenele de la Padure Hoia Baciu. Buku terbitan tahun 1995 itu merupakan karya teman Sift, Adrian Patrut, profesor di bidang kimia Babes-Bolyai University di Cluj-Napoca. Patrut yang melanjutkan penelitian Sift menyatakan ada penjelasan ilmiah bagi semua fenomena ganjil yang terjadi di Hoia Baciu. Namun hal tersebut belum dapat sepenuhnya dimengerti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Misteri Hutan Hoia Baciu Segitiga Bermuda Versi Darat

1 comments: