Informasi Ilmu Pengetahuan Dunia Misterius Penambah Wawasan

Misteri Pedang King Arthur Terkenal Akan Kekuatan Magis

Misteri Pedang Excalibur Terkenal Akan Kekuatan Magis - Pedang Excalibur adalah pedang milik Raja Arthur yang terkenal akan kekuatan magisnya. Suatu hari di masa perang, Merlin-penasihat spiritual Arthur-khawatis sang raja akan kalah. Ia pun mengajak Arthur ke sebuah danau. Sesampainya mereka disana, sebuah tangan muncul ke permukaan danau secara ajaib. Tangan itu menggenggam sebilah pedang. Akhirnya, Arthur memiliki pedang yang kekuatannya tak tertandingi, keindahannya tiada tara, bahkan sarung pedang yang dibuat para peri itu bisa melindungi sang pemiliki pedang selama ia memakainya.

Misteri Pedang King Arthur Terkenal Akan Kekuatan Magis

Awalnya, Arthur memberi nama "Caladfwich" sebuah kata dari bahasa Weksh berkembang menjadi "Caliburn" dan akhirnya menjadi "Excalibur" sperti yang kita kenal saat ini.Dalam beberapa versi, pedang Excalibur diukir di salah satu sisinya. Kekuatannya pernah diungkap dalam karya Thomas Malory, bahwa ketika Arthur mengeluarkan pedangnya, sinar pedang itu begitu menyilaukan sehingga mata para musuh menjadi buta seketika. Sarung Excalibur juga memiliki kekuatan. Konon, jika pemilik pedang itu terluka parah, ia tidak akan sampai meninggal. Bahkan dalam sebuah kisah mengungkapkan bahwa pemilik pedang tidak akan terluka sama skali.


Menjelang akhir hayat, Excalibur dikisahkan dicuri Morgan Ie Fay yang masih saudara Arthur, lalu melemparkannya ke danau. Meski kemudian Pedang itu ditemukan, namun sarungnya tidak pernah terlihat lagi. Arthur kemudian teruka dalam Perang Camlann. Ia menyuruh Bedwyr untuk mengembalikan Excalibur ke danau asalnya, Bedwyr membohongi Arthur dan menyimpan pedang itu untuk dirinya sendiri, namun Arthur segera mengetahui hal tersebut. Ia menyuruh Bedwyr kembali ke danau. Ketika Bedwyr kembali, Arthur menanyakan apa yang ia lihat. Bedwyn mengisahkan bahwa ia melihat sebuah tangan muncul ke permukaan ketika ia melemparkan Excalibur dan menangkap pedang itu. Arthur tahu  Bedwyn akhirnya berkata jujur, kemudian ia meninggal dengan tenang.

Misteri Pedang King Arthur Terkenal Akan Kekuatan Magis

Legenda Artur dan Excalibur sebetulnya memiliki kemiripan dengan kisah-kisah dari negeri Eropa lain, seperti legenda Norse, Sigurd, atau juga kisah pahlawan Irlandia, Cu Chulainn yang membawa pedang bernama Caladbolg. Pembuat pedangnya sendiri dipercaya datang dari bangsa peri. Dalam mitologi Saxon, pembuat pedang itu bernama Wayland. Sedangkan dalam legenda Celtic, bernama Gofannon. Kedua pembuat pedang tersebut tercatat dalam kisah bangsa Romawi dan Yunani sebagai Hephaestus yang membuat senjata ajaib bagi para Muse untuk diberikan kepada Perseus dan Thetis yang memberikanna kepada Achilles. Penyerahan senjata itu dimaknai sebagai lambang penyerahan diri yang terkadang disimbolkan sebagai kematian.

Penenggelaman pedang, senjata, atau benda-benda berharga lainnya kedalam sungai atau danau merupakan praktik populer di kalangan bangsa Celtic. Menurut catatan Starbo, ada ritual semacam itu di sekitar Toulouse. Beberapa danau yang disucikan tersebar di Eropa, Gregory dari Tours bahkan pernah menyebutkan adanya festival penenggelaman senjata selama tiga hari di Danau Gevaudan. Beberapa ahli sejarah berpendapat ritual semacam itu merupakan bagian dari pemakaman ala bangsa Celtic.

Penemuan arkeologi membuktikan adanya benda-benda terbuat dari logam di dasar Llyn Fawr di Morganwg, termasuk diantaranya kapak dan sabit dari zaman 600 SM. Senjata lain juga ditemukan di Llyn Cerrig Bach di Ynys Mon yang diperkirakan berasal dari abad ke-2 SM hingga abad le-1 TM. Ritual penenggelaman bangsa Celtic pada era besi tidak terhitung jumlahnya. Benda yang terkenal adalah PErisai Batterasa dan Helm Waterloo dari sungai Thames. Apakah Excalibur akan menjadi salah satu bukti sejarah? Tak ada yang tahu pasti.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Misteri Pedang King Arthur Terkenal Akan Kekuatan Magis

0 comments:

Post a Comment