Informasi Ilmu Pengetahuan Dunia Misterius Penambah Wawasan

Misteri Reruntuhan Zimbabwe Tempat Bermain Para Raksasa

Misteri Reruntuhan Zimbabwe Tempat Bermain Para Raksasa - Reruntuhan Zimbabwe adalah reruntuhan kota yang berasal dari abad ke-11 di sekitar Danau Mutirikwe dan Kota Masvingo. Balok-balok raksasa tersebar di segala penjuru. Berbagai bentuk fantasi sebagai hasil ukiran aami melalui angin dan hujan, panas dan dingin. Menurut legenda, area seluas 722 hektar itu adalah tempat bermain para raksasa. Nama Zimbabwe sendiri adalah nama yang datang dari bahasa suku Shona-suku yang mendalami kota0yag berarti "Rumah Batu Besar".

Kota yang berasal dari akhir zaman Besi ini menampung 18 ribu penduduk. Dibangun oleh bagian kebudayaan Gokomere yang merupakan nenek moyang suku Shona modern di Zimbabwe. Sebagian lagi mengatakan, kota ini dibangun oleh moyang suku Lemba atau Venda yang bekerja sama dengan Gokomere.

Misteri Reruntuhan Zimbabwe Tempat Bermain Para Raksasa

Area Zimbabwe Besar bertahan dari abda le-4. Antara abad ke-4 dan ke-7, masyarakat Gokomere atau Ziwa menanami lembah, membuka tambang dan mengerjakan bahan besi. Namun mereka tidak membangun struktur dari batu. Berdasarkan penggalian arkeolog, area ini berasal dari zaman Besi yang lebih awal. Reruntuhan Zimbabwe besar merupakan struktur terbesar dan tertua di sebelah Afrika, serta tertua kedua setelah Mapungubwe Afrika Selatan.

SItus ini dibagi menjadi tiga area. Pertama adalah area kerajaan yang berada di bukit. Kedua, yakni di bagian lembah adalah tempat tinggal. Ketiga adalah yang disebut Pagar Besar. Bangunan yang terdiri atas balok granit raksasa berbaris melingkar dengan tinggi mencapai 36 kaki atau sekitar 11 meter, membentang sekitar 250 meter, menjadikannya sebagai bangunan leluhur paling besar di selatan Gurun Sahara.

Misteri Reruntuhan Zimbabwe Tempat Bermain Para Raksasa

Fungsi bangunan-bangunan tersebut masih menjadi perdebatan. Ada tiga teori mengenai pembagian kelompok tersebut. Ada yang mengatakan kompleks tersebut mewakili pekerjaan raja berturut-turut. Pembuat aturan baru menemukan tempat tinggal baru. Mereka yang tertuju pada kekuasaan pindah dari bukit pada abad ke-12 ke Pagar Besar, lalu ke limbah atas, dan lembah bawah pada abad ke-16..

Namun ada pula yang bertahan dengan pendapatnya, bahwa kompleks-kompleks tersebut memiliki fugsi berbeda. Komleks bukit sebagai kuil, lembah untuk warga, pagar besar untuk raja. Namun uji usia kompleks tersebut tidak mendukung interpelasi ini. Beberapa ahli berpendapat area itu adalah tempat pengamatan astronomi, meski pendapat ini juga mendapat tentangan.

Misteri Reruntuhan Zimbabwe Tempat Bermain Para Raksasa

Artefak pentig yang diambil dari situs ini adalah delapan patung burung Zimbabwe. Patung-patung berukuran seukuran tubuh manusia itu dipahat pada soapstone diatas monolit. Selain itu juga ditemukan patung, pecah belah, gong besi, gading, alat besi, tembaga, cangkul besi, benda tembaga awal, manik-manik emas, gelang, kalung dan sarung pedang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Misteri Reruntuhan Zimbabwe Tempat Bermain Para Raksasa

0 comments:

Post a Comment